Sistem manajemen
mutu
OLEH : KELOMPOK 1
* Nur Jannah Daiman ( Ketua )
* Ivoni Lawa Mone
* Randi P.
Jurusan : Adm. Bisnis 2a
Tahun : 2011
Proses komunikasi
1 . Apa itu proses komunikasi ?
Proses komunikasi adalah bagaimana komunikator menyampaikan pesan kepada komunikannya, sehingga dapat menciptakan suatu persamaan makna antara komunikan dengan komunikatornya. Proses komunikasi ini bertujuan untuk menciptakan komunikasi yang efektif (sesuai dengan tujuan komunikasi pada umumnya) . Dengan kata lain proses komunikasi adalah suatu siklus secara terus menerus berubah sendiri dalam suatu siklus interpretasi yang tidak pernah berakhir.
Proses komunikasi adalah bagaimana komunikator menyampaikan pesan kepada komunikannya, sehingga dapat menciptakan suatu persamaan makna antara komunikan dengan komunikatornya. Proses komunikasi ini bertujuan untuk menciptakan komunikasi yang efektif (sesuai dengan tujuan komunikasi pada umumnya) . Dengan kata lain proses komunikasi adalah suatu siklus secara terus menerus berubah sendiri dalam suatu siklus interpretasi yang tidak pernah berakhir.
F
interpretasi
Hal yang diinterpretasikan adalah motif
komunikasi, terjadi dalam diri komunikator.
Artinya, proses komunikasi tahap pertama bermula sejak motif
komunikasi muncul hingga akal budi komunikator
berhasil menginterpretasikan apa yang ia pikir dan rasakan ke dalam pesan (masih abstrak).
Proses
penerjemahan motif komunikasi ke dalam pesan disebut interpreting.
Dalam proses komunikasi, terdapat
penyampaian informasi, gagasan, emosi, keahlian, dan lain-lain yang secara
eksplisit dan kronologis menjelaskan tentang lima komponen yang terlibat dalam komunikasi,
yaitu :
- siapa
(pelaku komunikasi pertama yang mempunyai inisiatif atau sumber
.- mengatakan
apa ( isi informasi yang disampaikan)
- kepada siapa (pelaku komunikasi lainnya yang
dijadikan sasaran penerima)- melalui saluran apa (alat/saluran penyampaian informasi)
- dengan
akibat/hasil apa (hasil yang terjadi –pada diri penerima)
2. Proses
terjadinya komunikasi
Proses komunikasi
Dari gambar proses diatas kita ambil
contoh seorang presiden(SBY) yang sedang melakukan konferensi pers mengenai
suatu masalah misalnya kedatangan Barack Obama.
Presiden selaku Source ( sumber/ pengirim) menyampaikan
pesan (informasi) menggunakan saluran yaitu secara lisan kepada wartawan selaku
receiver ( penerima), pesan (message)
yang disampaikan itu berupa informasi kedatangan Barack Obama ( presiden AS), wartawan selaku receiver ( penerima) lalu menerima,
menginterpretasikan dan merespon dengan mengajukan pertanyaan. Kemudian
presiden selaku source/sender menerima respon/umpan balik itu dengan menjawab
pertanyaan yang diajukan oleh wartawan selaku receiver.
Source ( sumber/ pengirim) chanel ( Saluran ) message ( pesan) receiver ( penerima) feedback ( umpan balik ) source
3.
Elemen- elemen dari proses komunikasi
Berikut ini adalah elemen-elemen penting dalam hal proses komunikasi antara lain :
* Sumber atau pengirim (Source/sender)
Berikut ini adalah elemen-elemen penting dalam hal proses komunikasi antara lain :
* Sumber atau pengirim (Source/sender)
Sumber adalah seseorang yang memberikan pesan atau
dalam komunikasi dapat disebut sebagai komunikator. Walaupun sumber biasanya
melibatkan individu, namun dalam hal ini sumberjuga melibatkan banyak individu.
Misalnya, dalam organisasi, Partai, atau lembaga tertentu. Sumber juga dapat
menentukan sarana atau saluran mana yang ingin digunakan dalam berkomunikasi.
Sumber sering dikatakan sebagai source, sender, atau encoder.
·
Pesan
Pesan seperti yang kita ketahui dapat berupa gagasan,
suatu informasi maupun suatu sikap. Didalam pesan terdapat isi yang memiliki nilai dan disampaikan oleh
seseorang (komunikator). Pesan dapat bersifat menghibur, informatif, edukatif,
persuasif, dan juga bisa bersifat propaganda. Pesan disampaikan melalui 2 cara,
yaitu Verbal dan Nonverbal. Bisa melalui tatap muka atau melalui sebuah media
komunikasi. Pesan bisa dikatakan sebagai Message, Content, atau Information.
·
Saluran
( chanel)
Saluran adalah alat pengantar pesan dari sumber ke
penerima dan sebaliknya. Sebuah saluran komunikasi terdiri atas 3 bagian. Lisan(telepon,
interaksi berhadapan langsung dsb), Tertulis ( surat, memo, fax, e-mail), dan Elektronik.
Media disini adalah sebuah alat untuk mengirimkan pesan tersebut. Misal secara
personal (komunikasi interpersonal), maka media komunikasi yang digunakan
adalah panca indra atau bisa memakai media telepon, telegram, handphone, yang
bersifat pribadi. Sedangkan komunikasi yang bersifat massa
(komunikasi massa),
dapat menggunakan media cetak (koran, suratkabar, majalah, dll) , dan media
elektornik(TV, Radio). Untuk Internet, termasuk media yang fleksibel, karena
bisa bersifat pribadi dan bisa bersifat massa.
Karena, internet mencakup segalanya.
Saluran komunikasi lisan/verbal bermanfaat karena :
F Pesan yang wajar berhubungan
dengan presentasi lisan
F Diperlukan umpan balik yang
cepat
F Banyak kesalahan dalam pesan
F Pesan mungkin akan di tolak oleh
penerima
Saluran komunikasi tertulis/ nonverbal bermanfaat
karena :
F Ada butuhan memiliki catatan pesan untuk referensi masa
depan
F Mungkin ada sesuatu perselisian
atas apa yang sudah dikomunikasikan secara actual
F Mengkonfirmasi pesan yang sudah
disampaikan secara lisan
F Diperlukan ketelitian dari pesan
F Ada elemen ketidak percayaan antar sumber dan penerima
pesan
·
Penerima
( receiver) adalah Orang yang menerima pesan dari komunikator dan kemudian menafsirkan pesan yang
diterimanya atau individu/ individu-individu kepada siapa pesan disampaikan.
*
Umpan Balik ( feedback) adalah respon penerima terhadap pesan yang ia kirim
kembali kepada pengirim. Umpan balik bisa verbal maupun non verbal, segera atau
tertunda, positif atau negative. Umpan balik diperoleh segera dalam
berkomunikasi tatap muka langsung ( verbal). Umpan balik penerima terhadap
komunikator( pengirim) menjadi suatu stimulus/rangsangan untuknya. Hal ini
memberikan kesempatan mengukur efektifitas komunikasi langsung dan membantu
memperbaiki kualitas komunikasi lebih lanjut bila diperlukan.
4. Tingkatan Proses Komunikasi
Menurut Denis
McQuail, secara umum kegiatan/proses komunikasi dalam masyarakat berlangsung
dalam 6 tingkatan sebagai berikut :
F Komunikasi intra-pribadi (intrapersonal
communication )Yakni proses komunikasi yang
terjadi dalam diri seseorang, berupa pengolahan informasi melalui pancaindra
dan sistem syaraf.Contoh : berpikir, merenung, menggambar, menulis sesuatu,
dll.
F Komunikasi antar-pribadi Yakni
kegiatan komunikasi yang dilakukan secara langsung antara seseorang dengan
orang lainnya.Misalnya percakapan tatap muka, korespondensi, percakapan melalui
telepon, dsbnya.
F Komunikasi dalam kelompok
Yakni kegiatan komunikasi yang berlangsung di antara suatu kelompok.
Pada tingkatan ini, setiap individu yang terlibat masing-masing berkomunikasi
sesuai dengan peran dan kedudukannya dalam kelompok. Pesan atau informasi yang
disampaikan juga menyangkut kepentingan seluruh anggota kelompok, bukan
bersifat pribadi.Misalnya, ngobrol-ngobrol antara ayah, ibu, dan anak dalam
keluarga, diskusi guru dan murid di kelas tentang topik bahasan, dsbnya.
F Komunikasi antar-kelompok/asosiasi
Yakni kegiatan komunikasi yang berlangsung antara suatu kelompok dengan
kelompok lainnya. Jumlah pelaku yang terlibat boleh jadi hanya dua atau
beberapa orang, tetapi masing-masing membawa peran dan kedudukannya sebagai
wakil dari kelompok/asosiasinya masing-masing.
F Komunikasi Organisasi.
Komunikasi organisasi mencakup kegiatan komunikasi dalam suatu
organisasi dan komunikasi antar organisasi.Bedanya dengan komunikasi kelompok
adalah bahwa sifat organisasi organisasi lebih formal dan lebih mengutamakan
prinsip-prinsip efisiensi dalam melakukan kegiatan komunikasinya.
F Komunikasi dengan masyarakat secara
luas Pada tingkatan ini kegiatan komunikasi
ditujukan kepada masyarakat luas. Bentuk kegiatan komunikasinya dapat dilakukan
melalui dua cara :Komunikasi massa Yaitu
komunikasi melalui media massa seperti radio, surat kabar, TV, dsbnya.Langsung atau tanpa melalui
media massa
Misalnya ceramah, atau pidato di lapangan terbuka.
kelinci99
ReplyDeleteTogel Online Terpercaya Dan Games Laiinnya Live Casino.
HOT PROMO NEW MEMBER FREECHIPS 5ribu !!
NEXT DEPOSIT 50ribu FREECHIPS 5RB !!
Ada Bagi2 Freechips Untuk New Member + Bonus Depositnya Loh ,
Yuk Daftarkan Sekarang Mumpung Ada Freechips Setiap Harinya
segera daftar dan bermain ya selain Togel ad juga Games Online Betting lain nya ,
yang bisa di mainkan dgn 1 userid saja .
yukk daftar di www.kelinci99.casino