Sunday, 15 January 2017

Proses Komunikasi



Sistem manajemen mutu

OLEH    : KELOMPOK 1
               *  Nur Jannah Daiman ( Ketua )
               *  Ivoni Lawa Mone
               *  Randi P.
Jurusan :  Adm. Bisnis 2a
Tahun    : 2011

Proses komunikasi

1 .    Apa itu proses komunikasi ?

Proses komunikasi adalah bagaimana komunikator menyampaikan pesan kepada komunikannya, sehingga dapat menciptakan suatu persamaan makna antara komunikan dengan komunikatornya. Proses komunikasi ini bertujuan untuk menciptakan komunikasi yang efektif
(sesuai dengan tujuan komunikasi pada umumnya) . Dengan kata lain proses komunikasi adalah suatu siklus secara terus menerus berubah sendiri dalam suatu  siklus interpretasi yang tidak pernah berakhir.
F interpretasi
Hal yang diinterpretasikan adalah motif komunikasi, terjadi dalam diri komunikator. Artinya, proses komunikasi tahap pertama bermula sejak motif komunikasi muncul hingga akal budi komunikator berhasil menginterpretasikan apa yang ia pikir dan rasakan ke dalam pesan (masih abstrak). Proses penerjemahan motif komunikasi ke dalam pesan disebut interpreting.
Dalam proses komunikasi, terdapat  penyampaian informasi, gagasan, emosi, keahlian, dan lain-lain yang secara eksplisit dan kronologis menjelaskan tentang lima komponen yang terlibat dalam komunikasi, yaitu :
-    siapa (pelaku komunikasi pertama yang mempunyai inisiatif atau sumber
.-     mengatakan apa     ( isi informasi yang disampaikan)
-     kepada siapa (pelaku komunikasi lainnya yang dijadikan sasaran penerima)
-     melalui saluran apa (alat/saluran penyampaian informasi)
-     dengan akibat/hasil apa (hasil yang terjadi –pada diri penerima)
2.  Proses terjadinya komunikasi
Proses komunikasi
Dari gambar proses diatas kita ambil contoh seorang presiden(SBY) yang sedang melakukan konferensi pers mengenai suatu masalah misalnya kedatangan Barack Obama. 
Presiden selaku Source ( sumber/ pengirim) menyampaikan pesan (informasi) menggunakan saluran yaitu secara lisan kepada wartawan selaku  receiver ( penerima), pesan (message) yang disampaikan itu berupa informasi kedatangan Barack Obama         ( presiden AS), wartawan selaku  receiver ( penerima) lalu menerima, menginterpretasikan dan merespon dengan mengajukan pertanyaan. Kemudian presiden selaku source/sender menerima respon/umpan balik itu dengan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh wartawan selaku receiver.
Source ( sumber/ pengirim)          chanel   ( Saluran )           message  ( pesan)         receiver ( penerima)          feedback ( umpan balik )          source

3.      Elemen- elemen dari proses komunikasi
      Berikut ini adalah elemen-elemen penting dalam hal  proses komunikasi antara lain :

*    Sumber atau pengirim (Source/sender)
Sumber adalah seseorang yang memberikan pesan atau dalam komunikasi dapat disebut sebagai komunikator. Walaupun sumber biasanya melibatkan individu, namun dalam hal ini sumberjuga melibatkan banyak individu. Misalnya, dalam organisasi, Partai, atau lembaga tertentu. Sumber juga dapat menentukan sarana atau saluran mana yang ingin digunakan dalam berkomunikasi. Sumber sering dikatakan sebagai source, sender, atau encoder.
·        Pesan
Pesan seperti yang kita ketahui dapat berupa gagasan, suatu informasi maupun suatu sikap. Didalam pesan terdapat isi  yang memiliki nilai dan disampaikan oleh seseorang (komunikator). Pesan dapat bersifat menghibur, informatif, edukatif, persuasif, dan juga bisa bersifat propaganda. Pesan disampaikan melalui 2 cara, yaitu Verbal dan Nonverbal. Bisa melalui tatap muka atau melalui sebuah media komunikasi. Pesan bisa dikatakan sebagai Message, Content, atau Information.

·        Saluran ( chanel)
Saluran adalah alat pengantar pesan dari sumber ke penerima dan sebaliknya. Sebuah saluran komunikasi terdiri atas 3 bagian. Lisan(telepon, interaksi berhadapan langsung dsb), Tertulis ( surat, memo, fax, e-mail), dan Elektronik. Media disini adalah sebuah alat untuk mengirimkan pesan tersebut. Misal secara personal (komunikasi interpersonal), maka media komunikasi yang digunakan adalah panca indra atau bisa memakai media telepon, telegram, handphone, yang bersifat pribadi. Sedangkan komunikasi yang bersifat massa (komunikasi massa), dapat menggunakan media cetak (koran, suratkabar, majalah, dll) , dan media elektornik(TV, Radio). Untuk Internet, termasuk media yang fleksibel, karena bisa bersifat pribadi dan bisa bersifat massa. Karena, internet mencakup segalanya.                                                                                                                                                                        
Saluran komunikasi lisan/verbal bermanfaat karena :
F  Pesan yang wajar berhubungan dengan presentasi lisan
F  Diperlukan umpan balik yang cepat
F  Banyak kesalahan dalam pesan
F  Pesan mungkin akan di tolak oleh penerima
Saluran komunikasi tertulis/ nonverbal bermanfaat karena :
F  Ada butuhan memiliki catatan pesan untuk referensi masa depan
F  Mungkin ada sesuatu perselisian atas apa yang sudah dikomunikasikan secara actual
F  Mengkonfirmasi pesan yang sudah disampaikan secara lisan
F  Diperlukan ketelitian dari pesan
F  Ada elemen ketidak percayaan antar sumber dan penerima pesan
·        Penerima ( receiver) adalah Orang yang menerima pesan dari komunikator  dan kemudian menafsirkan pesan yang diterimanya atau individu/ individu-individu kepada siapa pesan disampaikan.
*  Umpan Balik ( feedback) adalah respon penerima terhadap pesan yang ia kirim kembali kepada pengirim. Umpan balik bisa verbal maupun non verbal, segera atau tertunda, positif atau negative. Umpan balik diperoleh segera dalam berkomunikasi tatap muka langsung ( verbal). Umpan balik penerima terhadap komunikator( pengirim) menjadi suatu stimulus/rangsangan untuknya. Hal ini memberikan kesempatan mengukur efektifitas komunikasi langsung dan membantu memperbaiki kualitas komunikasi lebih lanjut bila diperlukan.

4.  Tingkatan Proses Komunikasi

Menurut Denis McQuail, secara umum kegiatan/proses komunikasi dalam masyarakat berlangsung dalam 6 tingkatan sebagai berikut :
F Komunikasi intra-pribadi (intrapersonal communication )Yakni proses komunikasi yang terjadi dalam diri seseorang, berupa pengolahan informasi melalui pancaindra dan sistem syaraf.Contoh : berpikir, merenung, menggambar, menulis sesuatu, dll.
F Komunikasi antar-pribadi Yakni kegiatan komunikasi yang dilakukan secara langsung antara seseorang dengan orang lainnya.Misalnya percakapan tatap muka, korespondensi, percakapan melalui telepon, dsbnya.
F Komunikasi dalam kelompok Yakni kegiatan komunikasi yang berlangsung di antara suatu kelompok. Pada tingkatan ini, setiap individu yang terlibat masing-masing berkomunikasi sesuai dengan peran dan kedudukannya dalam kelompok. Pesan atau informasi yang disampaikan juga menyangkut kepentingan seluruh anggota kelompok, bukan bersifat pribadi.Misalnya, ngobrol-ngobrol antara ayah, ibu, dan anak dalam keluarga, diskusi guru dan murid di kelas tentang topik bahasan, dsbnya.
F Komunikasi antar-kelompok/asosiasi Yakni kegiatan komunikasi yang berlangsung antara suatu kelompok dengan kelompok lainnya. Jumlah pelaku yang terlibat boleh jadi hanya dua atau beberapa orang, tetapi masing-masing membawa peran dan kedudukannya sebagai wakil dari kelompok/asosiasinya masing-masing.
F Komunikasi Organisasi. Komunikasi organisasi mencakup kegiatan komunikasi dalam suatu organisasi dan komunikasi antar organisasi.Bedanya dengan komunikasi kelompok adalah bahwa sifat organisasi organisasi lebih formal dan lebih mengutamakan prinsip-prinsip efisiensi dalam melakukan kegiatan komunikasinya.
F Komunikasi  dengan masyarakat secara luas Pada tingkatan ini kegiatan komunikasi ditujukan kepada masyarakat luas. Bentuk kegiatan komunikasinya dapat dilakukan melalui dua cara :Komunikasi massa Yaitu komunikasi melalui media massa seperti radio, surat kabar,  TV, dsbnya.Langsung atau tanpa melalui media massa Misalnya ceramah, atau pidato di lapangan terbuka.


No comments:

Post a Comment

Kamulah Yang Terbaik Untuk Ku #4

                                            4.                   Perpustakaan yang Berkesan Kamis pagi nan cerah, saat ke kampus ...