Periklanan adalah
komunikasi komersil dan non-personal tentang sebuah organisasi dan
produk-produk yang ditransmisikan ke suatu khalayak target melalui media
bersifat masal seperti televisi, radio, koran, majalah, adirect mail,
reklame luar ruang atau kendaraan umum (Lee & Johnson,2007:3).
Iklan adalah bentuk
komunikasi tidak langsung, yang didasari pada informasi tentang keunggulan atau
keuntungan suatu produk, yang disususn sedemikian rupa sehingga menimbulkan
rasa menyenangkan yang akan mengubah pikiran seseorang untuk melakukan
pembelian ( Tjiptono,1997). Menurut
Tjiptono (1997: 226) iklan memiliki empat fungsi utama, yaitu :
1.
Menginformasikan khalayak mengenai seluk beluk
produk (informative);
2.
Mempengaruhi khalayak untuk membeli (persuading);
3.
Menyegarkan informasi yang telah diterima
khalayak (remin-ding);
4.
Menciptakan suasana yang menyenangkan sewaktu
khalayak menerima dan mencerna informasi (entertaiment).
Tujuan iklan :
1.
Pioneering
advertising (informative advertising),
yaitu iklan yang berupaya menciptakan permintaan awal (primary demand).
2. Competitive advertising (persuasive advertising), yaitu iklan
yang berupaya mengembangkan pilihan pada merek tertentu.
3. Reminder advertising, yaitu iklan yang
berupaya melekatkan nama atau merek produk tertentu di benak khalayak
(Tjiptono,1997: 227).
sebagai contoh ini ada sebuah video tentang Promosi (iklan) tempat kuliah ku, yang ku buat bersama teman-teman sebagai salah satu bentuk tugas dari mata kuliah Pengantar Pemasaran.
sumber:
http://www.youtube.com/watch?v=6tkpXILFids
Tjiptono,
Fandy. 1997. Stategi Pemasaran.
Yogyakarta : Andi
Lee,
Monle, & Johnson Carla. 2007. Prinsip-prinsip
Pokok Periklanan dalam Perspektif Global. Jakarta : Kencana
No comments:
Post a Comment