Thursday, 26 June 2014

Periklanan



Periklanan adalah komunikasi komersil dan non-personal tentang sebuah organisasi dan produk-produk yang ditransmisikan ke suatu khalayak target melalui media bersifat masal seperti televisi, radio, koran, majalah, adirect mail, reklame luar ruang atau kendaraan umum (Lee & Johnson,2007:3).   
Iklan adalah bentuk komunikasi tidak langsung, yang didasari pada informasi tentang keunggulan atau keuntungan suatu produk, yang disususn sedemikian rupa sehingga menimbulkan rasa menyenangkan yang akan mengubah pikiran seseorang untuk melakukan pembelian ( Tjiptono,1997).   Menurut Tjiptono (1997: 226) iklan memiliki empat fungsi utama, yaitu :
1.        Menginformasikan khalayak mengenai seluk beluk produk (informative);
2.        Mempengaruhi khalayak untuk membeli (persuading);
3.        Menyegarkan informasi yang telah diterima khalayak (remin-ding);
4.        Menciptakan suasana yang menyenangkan sewaktu khalayak menerima dan mencerna informasi (entertaiment).
Tujuan iklan :
1.        Pioneering advertising (informative advertising), yaitu iklan yang berupaya menciptakan permintaan awal (primary demand).
2.      Competitive advertising (persuasive advertising), yaitu iklan yang berupaya mengembangkan pilihan pada merek tertentu.
3.      Reminder advertising, yaitu iklan yang berupaya melekatkan nama atau merek produk tertentu di benak khalayak (Tjiptono,1997: 227).  

 sebagai contoh ini ada sebuah video tentang Promosi (iklan) tempat kuliah ku, yang ku buat bersama teman-teman sebagai salah satu bentuk tugas dari mata kuliah Pengantar Pemasaran.

                                 
sumber: 
            http://www.youtube.com/watch?v=6tkpXILFids
 Tjiptono, Fandy. 1997. Stategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi
Lee, Monle, & Johnson Carla. 2007. Prinsip-prinsip Pokok Periklanan dalam Perspektif Global. Jakarta : Kencana

No comments:

Post a Comment

Kamulah Yang Terbaik Untuk Ku #5

5.                  Dirimu mengalihkan Duniaku Minggu pagi yang Cerah ceria. Tetesan embun membasahi dedaunan, kicauan merdu burung-...