Thursday, 26 June 2014

Promotional Mix (Bauran Promosi)



Promotional mix adalah Kombinasi strategis yang paling baik dari advertising, personal selling, sales promotion, dan public relation untuk mencapai target (Priyatiningsi dkk,1995: 75).                         
Menurut Tjiptono (1997:222) dalam bukunya “Strategi Pemasaran” bauran promosi ( Promotion mix ) terdiri atas :
a.    Personal Selling
Personal Selling yaitu komunikasi langsung (tatap muka) antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada calon pelanggan dan membentuk pemahaman pelanggan terhadap produk sehingga mereka kemudian akan mencoba dan membelinya.
b.    Mass selling
Mass selling merupakan pendekatan yang menggunakan media komunikasi untuk menyampaikan informasi kepada khalayak ramai dalam satu waktu.
 Ada dua bentuk Mass selling, yaitu periklanan dan publisitas.
1.    Periklanan
Segala bentuk penyajian bukan pribadi dan promosi tentang gagasan, barang, atau jasa yang dibayar oleh sponsor tertentu.

2.    Publisitas
Bentuk penyajian dan penyebaran ide, barang dan jasa secara non personal, yang mana orang atau organisasi yang diuntungkan tidak membayar untuk itu. Publisitas merupakan pemanfaatan nilai-nilai berita yang terkandung dalam suatu produk untuk membentuk citra produk yang bersangkutan.
c.    Promosi penjualan
Promosi penjualan adalah bentuk persuasi langsung melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat diatur untuk merangsang pembelian produk dengan segera dan atau meningkatkan jumlah barang yang dibeli pelanggan .
d.    Public relation ( hubungan masyarakat)
Public relation merupakan upaya komunikasi menyeluruh dari suatu perusahaan untuk mempengaruhi presepsi, opini, keyakinan,dan sikap berbagai kelompok terhadap perusahaan tersebut.
e.    Direct marketing
Direct marketing merupakan sistem pemasaran yang bersifat interaktif, yang memanfaatkan satu atau beberapa media iklan yang untuk menimbulakan respon yang terukur dan atau transaksi di sembarang lokasi.

No comments:

Post a Comment

Kamulah Yang Terbaik Untuk Ku #5

5.                  Dirimu mengalihkan Duniaku Minggu pagi yang Cerah ceria. Tetesan embun membasahi dedaunan, kicauan merdu burung-...