Promotional
mix adalah Kombinasi strategis yang paling baik dari advertising, personal selling, sales promotion, dan public relation
untuk mencapai target (Priyatiningsi dkk,1995: 75).
Menurut Tjiptono
(1997:222) dalam bukunya “Strategi Pemasaran” bauran promosi ( Promotion mix ) terdiri atas :
a. Personal Selling
Personal
Selling yaitu komunikasi langsung
(tatap muka) antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu
produk kepada calon pelanggan dan membentuk pemahaman pelanggan terhadap produk
sehingga mereka kemudian akan mencoba dan membelinya.
b.
Mass
selling
Mass
selling merupakan pendekatan yang menggunakan media komunikasi untuk
menyampaikan informasi kepada khalayak ramai dalam satu waktu.
Ada dua bentuk Mass selling, yaitu periklanan dan publisitas.
1. Periklanan
Segala bentuk penyajian bukan pribadi
dan promosi tentang gagasan, barang, atau jasa yang dibayar oleh sponsor
tertentu.
2. Publisitas
Bentuk penyajian dan penyebaran ide,
barang dan jasa secara non personal, yang mana orang atau organisasi yang
diuntungkan tidak membayar untuk itu. Publisitas merupakan pemanfaatan
nilai-nilai berita yang terkandung dalam suatu produk untuk membentuk citra
produk yang bersangkutan.
c.
Promosi penjualan
Promosi penjualan adalah bentuk
persuasi langsung melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat diatur untuk
merangsang pembelian produk dengan segera dan atau meningkatkan jumlah barang
yang dibeli pelanggan .
d.
Public
relation ( hubungan masyarakat)
Public
relation merupakan upaya komunikasi menyeluruh dari suatu perusahaan untuk
mempengaruhi presepsi, opini, keyakinan,dan sikap berbagai kelompok terhadap perusahaan
tersebut.
e.
Direct
marketing
Direct
marketing merupakan sistem pemasaran yang bersifat interaktif, yang
memanfaatkan satu atau beberapa media iklan yang untuk menimbulakan respon yang
terukur dan atau transaksi di sembarang lokasi.
No comments:
Post a Comment